Gambar
      Ganti busi bikin performa meningkat . Busi ternyata bisa meningkatkan tenaga motor dari ukurannya yang standar. Namun selama ini banyak yang salah untuk memodifikasi businya dengan memotong elektroda busi. Lansiran dari beritagar.id terkait hal itu, technical NGK Busi indonesia,Diko Oktaviano, menjelaskan bahwa sebenarnyaa ada cara yang lebih baik sehingga tidak ada resiko untuk meningkatkan performa motor, dengan mengganti busi. . Penggantiaan busi agar pembakaran lebih bak, disarankan memilih bentuk elektroda busi yang baik. Dan pemilihan material yang memiliki kualitas baik seperti busi yangn memiliki campuran logam mulia,agar pembakaran sempurna

Cara Membedakan Oli Motor Non Matic dan Matic



Beragam jenis oil untuk kendaraan bermotor sudah banyak beredar di pasaran. Sebagai konsumen, Anda harus jeli dan pintar dalam memilih jenis-jenis oil yang ada. Tidak bisa asal memilih. Sebaiknya Anda menggunakan oil yang direkomendasikan oleh pabrikan. Kalau Anda pengguna Honda, sudah bisa dipastikan jenis oli yang Anda gunakan adalah AHM Oil. Oil yang sudah terpercaya bagi kendaraan kesayangan Anda.

Ada bermacam-macam tipe AHM Oil, seperti AHM Oil MPX-1, MPX-2, SPX-1, dan SPX-2. Lalu, apa perbedaannya? Yang harus Anda ketahui untuk pertama kalinya adalah perbedaan antara motor non matic (sport atau bebek) dengan motor matic. Misalkan ada motor CBR150R, Honda Supra X 125 Fi, dan Honda Beat. Pada motor non matic, bak kopling terendam oli, sedangkan untuk motor matic sendiri, bak koplingnya cenderung kering. Oleh karena itu, untuk motor biasa terdapat teknologi anti selip kopling.

Nah, perbedaan oli untuk motor non matic dan motor matic sendiri bisa dilihat dari kode JASO-nya. JASO adalah Japanese Automotive Standar Association, lembaga di Jepang yang bertugas mengecek dan menguji kualitas oli untuk kendaraan buatan Jepang. JASO MA adalah kode yang menunjukan bahwa oli tersebut diperuntukkan untuk motor berkopling basah atau terendam oli. Untuk motor matic, Anda bisa memilih yang terdapat kode JASO MB, dikarenakan tipe mesin antara motor non matic dan matic memiliki perbedaan.

Nah, untuk motor berkopling bsah seperti sport dan bebek, Anda bisa memakai AHM Oil MPX-1 atau SPX-1 yang memiliki spesifikasi JASO MA. Kemasannya bisa dilihat dari tutup botolnya,yaitu berwarna merah. 
Sedangkan untuk motor matic, Anda bisa memakai AHM Oil SPX-2 atau MPX-2 yang mempunyai tutup botol berwarna biru. Sudah tahu dong cara membedakannya?


Lalu, apa sih perbedaan varian MPX yang memiliki botor berwarna putih dengan varian SPX dengan botor orange? Begini penjelasannya, SPX sendiri berarti Superior Protection eXpert yang memiliki base oil full synthetic. AHM Oil SPX diformulasikan langsung oleh Honda R&D Japan, yang memberikan manfaat besar bagi konsumen dengan keuggulannya yang memiliki daya lumas sempurna, perlindungan maksimal terhadap mesin, daya tahan terhadap temperatur tinggi, dan mempunyai kemampuan membersihkan yang lebih sempurna dengan tingkat kekentalan 10W-20W yang mengusung teknologi Engine Protection Technology). Teknologi ini mampu memberikan perlindungan maksimal yang dapat melumasi mesin hingga celah tersempit serta mengurangi beban kerja mesin.

Nah, dikarenakan performa SPX lebih super dibandingkan dengan seri MPX, AHM Oil seri SPX lebih cocok dipakai pada motor-motor yang memiliki performa tinggi,seperti CBR series (SPX-1) dan Honda PCX (SPX-2). Yang harus Anda ingat, jika menemukan angka 1 di belakang MPX/SPX dengan tutup botol merah, itu digunakan untuk motor non matic. Sedangkan apabila melihat angka 2 di belakanh MPX/MPX dengan tutup botol berwarna biru, itu digunakan untuk motor matic. Jangan sampai salah ketika membelinya,ya!  


Semoga penjelasan melalui artikel berikut ini bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi Anda yang kesulitan memilih oli untuk motor Anda. Jangan lupa kunjungi Honda Amarta, karena kami siap melayani segala kebutuhan Anda. 

Postingan populer dari blog ini

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Pengajuan Kredit Motor

Ciri-ciri Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Modifikasi Motor dan Jenis-jenisnya