Gambar
      Ganti busi bikin performa meningkat . Busi ternyata bisa meningkatkan tenaga motor dari ukurannya yang standar. Namun selama ini banyak yang salah untuk memodifikasi businya dengan memotong elektroda busi. Lansiran dari beritagar.id terkait hal itu, technical NGK Busi indonesia,Diko Oktaviano, menjelaskan bahwa sebenarnyaa ada cara yang lebih baik sehingga tidak ada resiko untuk meningkatkan performa motor, dengan mengganti busi. . Penggantiaan busi agar pembakaran lebih bak, disarankan memilih bentuk elektroda busi yang baik. Dan pemilihan material yang memiliki kualitas baik seperti busi yangn memiliki campuran logam mulia,agar pembakaran sempurna

Ciri-ciri Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Ban merupakan komponen penting dalam sepeda motor. Namun banyak orang yang tidak memperhatikan kondisi ban kendaraannya padahal kondisi ban yang sudah tida prima dapat membahayakan penggunanya. Ban yang kondisinya tidak baik harus segera diganti. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban motor? Simak penjelasannya.

1. Ketika permukaan ban motor sudah sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI)
TWI merupakan tanda segitiga yang ada di samping ban. Tanda segitiga ini merupakan batas keausan ban yang diijinkan. Jika permukaan/garis tengah ban motor sudah menyentuh atau sejajar denagn tanda ujung segitiga maka ban harus segera diganti.
Tread Wear Indicators
Permukaan ban yang menyentuh TWI. Ban harus segera diganti.
2. Ketika karet pada ban sudah keras
Hal ini dikarenakan compound ban tersebut sudah mati. Biasanya penyebabnya adalah cuaca dingin atau biasanya terjadi pada sepeda motor yang jarang digunakan.
3. Usia
Usia ban juga bisa mempengaruhi kondisi ban. Sebetulnya tergantung pemakaian. Namun untuk sepeda motor dengan pemakaian sering, ban seharusnya diganti kurang lebih setelah satu tahun digunakan. Ban sepeda motor memiliki kode produksinya sendiri. Pada ban sepeda motor keluaran lama biasanya di sebelah kiri namun keluaran baru biasanya di sebelah kanan. Kode produksi ini memiliki 4 digit angka yang mana 2 digit pertama menunjukan minggu produksi sedangkan 2 digit terakhir menunjukan tahun produksi.
Kode produksi
Dari gambar diatas terlihat bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke 20 tahun 2016.
4. Permukaan bergelombang
Permukaan bergelombang ini biasanya terjadi pada sepeda motor matic. Jika permukaan ban sudah bergelombang berarti saatnya untuk diganti.

Coba cek ban sepeda motor Anda. Jika sudah menunjukan tanda-tanda diatas segeralah diganti agar tidak membahayakan keselamatan Anda.

Postingan populer dari blog ini

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Saat Pengajuan Kredit Motor

Modifikasi Motor dan Jenis-jenisnya